Integritas Terlepas Karir Terhempas

[quote]Integrity is doing the right thing, even when no one is watching.[/quote]   CS. Lewis.

Inilah 2 Alasan mengapa hari ini kata ‘integritas’ perlu dan harus mendapatkan posisi yang penting untuk setiap anggota masyarakat dan para pekerja Indonesia. PERLU; karena kita hidup di dalam dunia yang kurang mempercakapkan pentingnya  integritas dalam hidup keseharian. HARUS; karena  sudah terlalu banyak oknum bisnis bersama  oknum pejabat pemerintahan  mengabaikan integritas dalam hal keuangan. Semuanya hanya demi mengejar hasil akhir tanpa memperdulikan cara. Oknum bisnis mengejar kesuksesan cepat,dan oknum pejabat mengejar kekayaan dalam waktu singkat. Saat ini mereka terhempas dalam penjara. Akankah kita para pekerja profesional ingin menemani mereka ? Watch Your Steps ! Saat integritas terlepas….karir terhempas….

Bagaimana agar karir tak terhempas ?  Mari kita belajar dari kesalahan dan keteguhan dibawah ini:

Sammy auditor keuangan telah bekerja lima tahun di perusahaan dengan tekun. Prestasi dan keluwesan dirinya dalam bergaul mendatangkan promosi hingga posisi kepala cabang. Akumulasi sukses dan kepemimpinan yang baik dari bulan ke bulan terus mendorong karirnya hingga memasuki tahun ketiga. Lemahnya pengawasan dan perubahan gaya hidup membuat Sammy tergoda  Meski ditutup secara rapi, suatu hari terbongkar adanya kegiatan penjualan produk produk hadiah tanpa diikuti dengan penyetoran uang ke rekening perusahaan. Alhasil kerja keras dirinya membangun prestasi dan reputasi selama delapan tahun di perusahaan langsung terhempas.

Joni jawara penjualan, membangun karirnya dari salesman, sales supervisor hingga kepala cabang. Kepemimpinannya kuat; kepiawaian dalam memilih anak buah teruji sepanjang waktu dan semua tipe customer dapat ditaklukkannya. Dalam sebuah distributor trip ke mancanegara, principal menghadiahkan sarana kerja Ipad untuk perusahaan. Joni tidak memberitahukan pemberian fasilitas untuk perusahaan tersebut kepada atasan.. Ketidakjujurannya terbongkar. Saat Joni melepas integritas, karirnya langsung terhempas.

Tuti personalia cabang yang tekun dan pekerja keras  berkarir lebih dari 5 tahun lamanya. Karena kurang pengetahuan dan hikmat dia telah  menunda pembayaran travel agency langanan perusahaan. Uang dipakai terlebih dahulu untuk menolong kakaknya yang terkena musibah. Ternyata kakaknya gagal membayar kembali pada tanggal yang telah ditentukan, dan travel agency melayangkan tagihan ke kantor pusat. Melalui penyelidikan   terungkap tagihan tagihan ticket pesawat yang belum terbayar. Secara total rupiah nilai uang  tidaklah besar, namun perusahaan mengambil tindakan dan karir Ina terhempas.

Iwan senior manager PT. ABC dan Tedy pemilik broker asuransi kesehatan yang menangani PT.ABC  telah berkawan akrab satu tahun lamanya . Mereka telah bersepakat untuk mendirikan usaha bengkel mobil modern dan usaha usaha lainnya. Sebagian besar modal akan disetor oleh Tedy. .  Rangkaian pertemuan yang panjang dan pembahasan mendalam telah dilakukan bersama dan tercapai kata sepakat bahwa kegiatan investasi bengkel akan dimulai.  Suatu hari Tedy meminta bantuan Iwan supaya menggunakan posisi, jabatan dan wewenangnya untuk memastikan pemenang tender asuransi di PT. ABC. Tedy menjanjikan bahwa keuntungan dari kemenangan tender tersebut akan di gunakan untuk menambah permodalan usaha mereka berdua.  Bagi Iwan mudah sekali memenangkan perusahan  Tedy dalam tender tersebut, karena Iwan adalah pengambil keputusan utama dan tidak ada seorangpun akan mengetahuinya.  Iwan menolak permohonan Tedy, dia tidak bersedia mengorbankan integritasnya. Bagi Iwan tender harus tetap berjalan secara objective, partnership pada bisnis bengkel tidak dapat dikaitkan dengan keputusan tender asuransi. Iwan lebih rela kehilangan partner bisnis beserta peluang peluangnya daripada kehilangan integritasnya. Team kerja Tedy lemah dalam akurasi penyajian data dan kalah dalam tender. Kerjasama bengkel batal dan Iwan tidak menyesal. Saat Iwan bertindak objective  dan mengesampingkan kepentingan pribadinya, Iwan telah membuktikan dirinya sebagai karyawan yang memiliki integritas.

Baca Juga:pindah kerja boleh saja jaga hormat tanpa khianat

Kesimpulan dan TIPS :

  1. Ketidakjujuran membuahkan kenyamanan seketika, namun itu hanyalah sesaat.
  1. Membangun reputasi membutuhkan waktu yang lama, dan hanya butuh sedetik untuk meruntuhkannya. Jadi jangan biarkan diri anda melakukan sesuatu  yang menghancurkan integritas anda sendiri.
  2. Sekiranya kita mempunyai kedudukan dan berbagai kekayaan, namun  jika kita tidak mempunyai moral dan etika kerja yang benar, sesungguhnya kita tidak mempunyai apa apa.
  3. Nilai kepercayaan orang kepada kita melebihi segala sesuatu yang dapat diukur, karena di dalam kepercayaan tersebut ada  peluang tanpa batas.

.

Bagaimana dengan anda  ?    Sudah berintegritas ?

Jika sudah….. lanjutkan !   Jika belum kini saatnya !

Saat integritas terlepas……Karir terhempas……!

 

############################################################

Posted in Articles, Career, Inspiratif, Tips and tagged , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *