Pindah Kerja Boleh Saja Jaga Hormat Tanpa Khianat

Melamar kerja di perusahaan lain atau Pindah kerja ? 

Boleh boleh saja. Karena ada yang pindah kerja karena mencari yang dekat rumah. Ada juga karena ikut suami pindah tugas ke kota lain, atau karena berhasil menemukan jenis pekerjaan seperti yang di cita citakannya. Upaya sebagian karyawan untuk mendapatkan gaji yang lebih besar, posisi yang lebih tinggi ataupun fasilitas yang lebih baik; dengan cara pindah perusahaaan, juga hal yang boleh dan sah sah saja dilakukan. Tidak ada larangan tentang hal tersebut.

Namun tanpa mempertimbangkan nilai nilai dan etika bekerja;  proses pindah kerja itu dapat mecederai hubungan baik antara pekerja dengan pemilik perusahaan. Pada beberapa kasus bahkan pemilik perusahaan merasa di khianati oleh karyawannya.

Etiskah seorang karyawan melamar dan pindah kerja ke perusahaan pesaing ? Bagaimana menurut anda, Jika segerombolan karyawan secara diam diam, beramai ramai melamar dan pindah kerja ke kompetitor Itukah yang di sebut dengan tidak beretika dan tak memiliki tata krama ?

Iwan seorang career achiever,  sangat menghargai dan menghormati pemilik perusahaan di manapun dia bekerja. Hubungan baik dengan pemilik perusahaan baginya jauh lebih bernilai untuk dipertahankan dari pada jabatan tinggi dan gaji yang lebih besar yang telah ditawarkan oleh perusahaaan pesaing. Meskipun akhirnya Iwan mengundurkan diri dan pindah kerja, dia lebih memilih pindah ke perusahaan yang bisnis nya berbeda dengan perusahaan sebelumnya. Inilah etika kerja yang Iwan bawa sepanjang hidupnya, berapa kalipun dia pindah kerja. Dia tidak ingin membuat mantan boss nya kecewa dan sakit hati, karena pindah ke kompetitor dengan membawa informasi perusahaan seperti yang dilakukan beberapa temannya.

Setia pemimpin dan seorang peraih prestasi karir yang hebat telah pindah kerja pada delapan perusahaan; namun dia tetap menjaga prinsipnya untuk tidak menarik atau mencabut karyawan aktif dari perusahaan lama nya.  Segala bujuk rayu dan rengekan teman temannya yang  ingin bergabung bersama dia konsisten di tolaknya, karena dia tidak ingin pemilik perusahaan dan pemilik perusahaan lamanya sedih , kecewa dan tersakiti.  Setia bersedia memberikan kesempatan temannya untuk bergabung bersama dia, hanya jika temannya tersebut telah pindah ke perusahaan lain terlebih dahulu. Baginya aktifitas menarik karyawan di perusahaan lama nya untuk keluar adalah tindakan yang tidak baik, melanggar kesetiaan serta melanggar etika kerja.

Yudas yang ambisius telah berhasil mendapat kepercayaan dari pemilik perusahaan sebagai general manajer pada sebuah perusahaan distribusi suku cadang otomotif,  namun karena ambisinya akan Jabatan dan Penghasilan yang berlipat; Yudas tergoda, jatuh dan tergelincir dalam penghianatan. Setelah bekerja 2 tahun di perusahaan tersebut, Yudas yang hebat dan berprestasi  tiba tiba hasil penjualannya jelek lima bulan berturut turut.  Karena prestasi perusahaan yang di pimpinnya jelek, maka hak sebagai distributor di cabut oleh principal / pemegang merek. Yudas mengundurkan diri bersama 70% anak buahnya. Yudas hilang di telan bumi tak jelas keberadaan nya. Namun tiga bulan kemudian ternyata Yudas muncul kembali dalam bisnis yang sama sebagai direktur di perusahaan baru yang mendistribusikan produk perusahaan lamanya.  Dari beberapa  pelanggan dan karyawan yang masih setia  dan dari pemilik perusahaan akhirnya mengetahui bahwa Yudas memang telah merencanakan hal tersebut.  Pemilik perusahaan sangat kecewa dan tersakiti dengan tindakan penghianatan tersebut.

Baca Juga :Ironi Waktu Dua Kubu

TIPS :

  1. Tetaplah setia bekerja di perusahaan anda yang sekarang.  Bekerjalah secara maksimal. Namun bila karena satu dan lain hal anda terpaksa harus pindah kerja; ingat dua hal di bawah ini.
  2. Jika anda bekerja pada perusahaan nasional  atau perusahaan keluarga dan anda kenal dengan pemilik perusahaan; hindari pindah kerja ke kompetitor.  Jabatan dan Gaji memang penting, namun hubungan dengan boss lama jauh lebih bernilai untuk di pertahankan.
  3. Setelah bekerja di perusahan yang baru jangan sekali kali menarik karyawan perusahaan lama anda. Lebih baik mencari karyawan dari iklan lowongan kerja.

Bagaimana dengan ANDA ? Mau  Jaga Hubungan ? Atau mau jadi Kompetitor ?

HANYA KITA SENDIRI YANG BISA MENENTUKANNYA…. !!!.

 “ Pindah Kerja Boleh Saja……, Jaga Hormat dan Tanpa Khianat”

 

 

Posted in Articles, Career, Inspiratif, Tips and tagged , , , , , .

4 Comments

  1. Bapak oyong adalah seorang atasan saya ketika saya masih bekerja di Trikomsel. Beliau bukanlah seorang bos melainkan seorang leader yang mampu membimbing saya dengan baik.
    Artikel ini akan saya ingat, dan saya tidak akan menyakiti dan mengecewakan pak oyong dengan menarik karyawan atau bkerja dikompetitor. 😀

    saya bangga pada bapak. 🙂

  2. Bila kasus nya ,kita keluar dan bukan bekerja di perusahaan kompetitor, melainkan membuka bisnis sendiri dibidang yang hampir sama dengan perusahaan tempat kita bekerja sebelumnya…

    apakah itu berarty tidak hormat dan berkhianat..?

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *