They Are Just Part of The Success Journey

[quote]Masa masa sulit tidak akan berakhir namun orang yang ulet akan mampu mengatasinya.
Robert Harold Schuller.[/quote]

Perjalanan liburan akhir tahun bersama seluruh anggota keluarga dengan mobil, adalah suatu yang selalu saya nantikan. Gambaran keindahan kota Semarang bagian atas pada hari natal dan dinamika kehidupan kota Surabaya pada penutupan tahun membuat kami rela mempertukarkan jam jam kehidupan kami dengan sebuah petualangan panjang di jalan raya dari Jakarta ke Surabaya pulang pergi.

Tersedianya fasilitas jalan tol Cikampek, pemilihan waktu perjalanan serta jalan tol yang melintasi kota Cirebon telah membuat perjalanan kami terasa lebih nyaman untuk dinikmati. Namun pada sisi lain; perjalanan indah tersebut juga menyediakan penggalan penggalan jalan yang rusak dan tidak nyaman untuk dilalui, belum lagi kemacetan jalan yang dapat terjadi sewaktu waktu tanpa mampu kami prediksi.

Demikian pula dengan perjalanan karir dan bisnis. Keindahan suatu titik pencapaian karir atau tercapainya skala bisnis tertentu membuat kita termotivasi untuk bergerak dengan penuh semangat untuk mencapainya.  Namun dalam menggapai keindahan pencapian tersebut ternyata jalan yang kita lalui tidaklah selalu lancar dan mulus. Ada penggalan perjalanan karir yang dapat kita lalui dengan kecepatan tinggi dan mulus tanpa hambatan. Kemudian ada penggalan perjalan karir yang penuh dengan lubang disana sini dan genangan air, sehingga perjalanan karir kita tidaklah secepat yang dapat kita harapkan.

Pada bagian penggalan perjalanan berikutnya cuaca cerah dan hanya sedikit hal yang merintangi jalan, sehingga laju karir dapat kita percepat kembali. Saat kita beristirahat sejenak ternyata hujan turun dengan derasnya. Karena sudah mempunyai planning untuk tiba pada tujuan karir pada titik tertentu, maka perjalanan karirpun tetap ditempuh ditengah hujan angin yang begitu kencang disertai petir yang menyambar nyambar, tiba tiba sebuah pohon yang tidak mampu menahat hebatnya terpaan angin menjadi roboh dan melintang di tengah jalan dan perjalanan karir terhenti.

Baca Juga :Perjalanan Karir Kacang Lupa Kulit

Setelah menunggu petugas datang dan bekerja memotong batang batang pohon dan ikut turun tangan menepikannya ke pinggir jalan, maka perjalanan karir dapat dilanjutkan kembali. Banyak jam jam dan waktu waktu terbuang dalam situasi karir yang terhenti, belum lagi kelelahan mental yang menerpa, namun itulah sebuah rangkaian utuh sebuah perjalanan menggapai karir atau bisnis impian.

Sebuah rangkaian utuh perjalanan sukses, haruslah kita tempuh seluruhnya. Bak sebuah paket lengkap yang tidak bisa kita urai, maka kita tidak bisa memilih bagian yang enak saja dan membuang bagian perjalanan yang tidak enak. Saya telah meneliti bahwa orang-orang yang telah mencapai kebesaran dalam bidang apapun, telah membayarnya dengan keringat dan air mata. Hampir setiap Super achiever yang telah saya pernah temui, telah menginvestasikan banyak waktu dalam pertumbuhan basis pengetahuan dan / atau keterampilan mereka sebelum mereka mencapai tingkat keberhasilan yang langgeng.

Mencapai setiap tingkat keberhasilan membutuhkan ketekunan, kejelasan visi dan komitmen total untuk mencapai tujuan. Bagaimana dengan Anda ? Sudah siap untuk menerima bagian perjalanan yang sulit dan tidak nyaman ?

TIPS :

  1. Jalan karir yang rusak, berlubang, tidak nyaman dilewati hanyalah bagian tidak terpisahkan dari perjalanan sukses karir kita. Keringat dan Air Mata demikian juga halnya.
  2. Kita tidak mungkin mencapai sukses karir dan sukses bisnis hari ini tanpa pernah melewati tahap hari sebelumnya.
  3. Pahamilah dengan sungguh bahwa masa masa sulit dalam karir dan bisnis tidak akan pernah berakhir. Jadi janganlah pernah memimpikan perjalanan yang mulus. Lebih baik penuhi hari hari kita dengan tindakan nyata yang memampukan kita melewati jalan yang rusak dan berlubang, serta tidak nyaman.
  4. Persiapkan diri Anda untuk mengatasi kondisi kemacetan karir yang parah bahkan kondisi ekstrim yaitu karir dan bisnis yang terperosok.
  5. Keuletan, Kejelasan Visi dan Komitmen Total; diperlukan dan hanya benar benar bermanfaat pada masa masa sulit. Saat semuanya lancar ketiganya cukup disimpan dalam bagasi.

Apapun sulitnya situasi karir dan bisnis saat ini…, ingatlah bahwa semua kesulitan, penolakan, tantangan, kemacetan dan kemerosotan yang sedang dihadapi saat ini hanyalah bagian dari perjalaan sukses.

Always Remember : They are……. just part of the Success Journey.

 

Penulis:

Timotius Oyong Ir. CBA. CPHR. COA.

Berkarya sebagai Bussiness Consultant di Maxima Talenta Consulting.

Ia bisa di hubungi di :oyong@maximatalenta.com

Posted in Articles, Career, Tips.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *